Kegiatan Supervisi Administrasi oleh Pengawas Sekolah
Kodo-?Dalam upaya menjaga keteraturan dan efisiensi administrasi di sekolah dasar (SD), kepala sekolah bersama dengan pengawas melakukan supervisi terhadap kinerja administrasi guru. Pelaksanaan supervisi administrasi ini menjadi kunci dalam memastikan bahwa proses pengelolaan sekolah berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Pada hari Selasa, 17/09/2024, SDN 47 Kodo Kota Bima menyelenggarakan kegiatan supervisi administrasi yang melibatkan kepala sekolah SDN 47 Kodo, Atika,S.Pd dan pengawas sekolah Fatimah,S.Pd. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 pagi, yang sebelumnya telah di jelaskan oleh kepala sekolah yang menjelaskan tujuan dan pentingnya supervisi administrasi dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan sekolah. Supervisi dimulai dari guru kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Selama proses supervisi,kepala sekolah dan pengawas. Menekankan pada beberapa aspek administrasi kunci, termasuk penyusunan rencana pembelajaran, pengisian buku absensi dan rapor, pengelolaan data siswa, serta modul ajar/RPP. Mereka memeriksa kelengkapan dokumen, keakuratan data yang tercatat, dan kepatuhan terhadap prosedur yang telah ditetapkan.
Selain melakukan pemeriksaan langsung terhadap dokumen dan data administrasi, pengawas supervisi juga melakukan wawancara terhadap guru untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang proses dan kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan tugas administratif mereka. Hal ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk menyampaikan pendapat dan masukan mereka, sehingga dapat ditemukan solusi yang sesuai untuk meningkatkan efisiensi administrasi.
Setelah selesai melakukan pemeriksaan dan wawancara, pengawas SDN 47 Kodo mengadakan sesi refleksi untuk mendiskusikan temuan dan rekomendasi perbaikan dengan menyusun langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan administrasi di sekolah. Langkah-langkah tersebut mencakup penyediaan pelatihan dan bimbingan bagi para guru dalam mengelola administrasi dengan lebih baik, penyusunan pedoman dan prosedur yang jelas, serta penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah proses administrasi.
Supervisi administrasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas bukan hanya sekadar pengawasan, tetapi juga merupakan bentuk dukungan dan pembinaan bagi para guru dalam mengelola tugas administratif mereka dengan lebih efektif. Dengan adanya supervisi yang terencana dan terarah, diharapkan pengelolaan administrasi di SDN 47 Kodo dapat menjadi lebih efisien dan berkualitas, sehingga memungkinkan fokus yang lebih besar pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengajaran.